Open top menu
SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK TANI & TERNAK "CAHAYA ORGANIK" , KELOMPOK TANI DARI DESA SAYO - KABUPATEN POSO
Minggu, 10 Agustus 2014


Terkadang bertani ingin berhenti,
pindah kerja apapun jadi,
setelah difikir berkali-kali,
bertani juga akhirnya lagi.

Walaupun petani sederhana,
jiwa tentram halal karena,
tak seperti orang dikantor sana,
jantung berdegup takut terkena.

Walau pakaian tidak glamour,
seperti pegawai dikantor-kantor,
biarlah bajunya diluar kotor,
asalkan jangan jadi koruptor.



Banyak cerita duka tentang petani di negara kita, dari sempitnya lahan yang dimiliki, bahkan sebagian besar petani di Jawa adalah petani penggarap lahan milik para penggede yang notabene orang kota.

Hidup petani yang dari dulu sulit akibat melambungnya harga pupuk, pestisida dan barang2 kebutuhan petani lainnya, harga merosot ketika hasil melimpah, hujan diluar musim yang membuat tanaman gagal panen dan seribu cerita miris lainnya.

Namun jangan pesimis untuk memulai jadi petani, selain dukanya yang banyak, banyak juga cerita yang menumbuhkan semangat untuk jadi petani, sebagai contoh keberhasilan petani Lombok Barat yang berhasil bertani asitaba sejenis tanaman herbal untuk memenuhi permintaan konsumen dari jepang, polisi yang berhasil beternak kambing etawa di daerah Bogor, dokter yang jadi petani Durian Montong dari Kab. Parigi Moutong Sulawesi Tengah yang membuat mereka jadi jutawan bahkan milyuner baru.

Akan tetapi keberhasilan materi bukanlah satu2nya kesenangan atau kebahagiaan karena bercocok tanam. Melihat pucuk daun tanaman yang kita tanam tumbuh, melihat hijaunya sawah terbentang, melihat durian bergelantungan di dahan, melihat pohon kakao mulai berbunga, makan siang dan minum kopi di pondok bersama tetangga-tetangga kebun, semua menimbulkan sensasi luar biasa, yang membuat mata terasa sejuk bahkan hati penuh takjub.

Untuk mencapai kearah ini, kita harus mencintai pekerjaan sebagai petani, kita harus optimis, penuh harapan dan tidak mudah menyerah. Lebih dari itu, kita harus pandai bersyukur atas apapun yang Tuhan beri.

 

Bagikan Artikel Blog "CAHAYA ORGANIK" Ini Pada Saudara Atau Kerabat Anda Melalui :
Tagged
Different Themes
Ditulis Oleh ADMIN

Jika anda mengerjakan sesuatu, maka kerjakanlah semua itu dengan sepenuh hati. Jika anda bekerja seadanya, maka hasil yang akan anda dapatkan pun akan seadanya. Salam Sukses Dari Kami: Kelompok Tani Dan Ternak "CAHAYA ORGANIK" / Desa.Sayo / kec. poso kota selatan - Kabupaten Poso

0 komentar

Blog Ini Merupakan Personal Blog Milik Kelompok Tani Dan Ternak "CAHAYA ORGANIK". ||| CAHAYA ORGANIK merupakan salah satu kelompok tani & ternak yang berada di Desa Sayo, Kec.Poso Kota Selatan - Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.